Selasa, 22 Mei 2012

CONTOH LAPORAN HASIL WAWANCARA (NARASI)



Berdasarkan petunjuk, metode, dan teknik pelaksanaan wawancara yang dipaparkan pada posting sebelumnya. Berikut contoh laporan hasil wawancara yang disusun menggunakan narasi. 





 



Laporan Hasil Wawancara


Hari/Tanggal Pelaksanaan     : Selasa, 27 Januari 2011
Waktu Pelaksanaan              : 12.15 WIB
Tempat Pelaksanaan             : Kantor Desa Cibunar
Narasumber                         : Mulya Sukmana (Kepala Desa Cibunar)
Pewawancara                      : Noer fajrin, Annisa Aprinia, Popi Fadilah
Tema wawancara                 : Seputar Desa Cibunar
Tujuan wawancara              : Mengetahui perkembangan Desa Cibunar berdasarkan bidang pendidikan dan 
                                            kesejahteraan masyarakat desanya.
Hasil Wawancara
Mulya Sukmana (narasumber) sebagai Kepala Desa Cibunar, yang telah menjabat selama 2 periode dari tahun 1999 sampai 2011 inilah masa bakti beliau. Tugas, wewenag, kewajiban dan Hak Kepala Desa adalah memimpin penyelenggaraan pemerintahan Desa Cibunar berdasarkan kebijakan yang diterapkan bersama BPD Desa Cibunar, Mengajukan rancangan peraturan desa, membina kehidupan masyarakat Desa cibunar, membina perekonomian masyarakat Desa Cibunar, mengkoordinasikan pembangunan desa secara partisipatif.
Jumlah penduduk Desa Cibunar sekitar 13.000 jiwa yang mayoritas penduduknya pemeluk agama islam, dari jumlah tersebut sebagian besar masyarakatnya adalah masyarakat yang berpendidikan. Seperti yang dipaparkan oleh Mulya Sukmana, Kepala Desa Cibunar, “Kualitas pendidikan di desa Cibunar sudah sangat membaik karena sudah banyak anak-anak berprestasi baik secar akademik maupun nonakademi, hal ini didunkung oleh sarana belajar yang optimal.” Selain itu, beliau juga menegaskan bahwa di desa tempat mereka tinggal saat ini sering sekali melaksanaan sarasehan dan lokakarya, demi memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat desa dalam bidang-bidang tertentu, khususnya pendidikan.
Namun dari 13.000 jiwa yang berdiam di Desa Cibunar, ada sebagian warganya yang kurang mampu dari segi ekonomi. Oleh karena itu desa ini juga mendapat bantuan RASKIN ( Beras Miskin) beras dari pemerintah yang sudah di subsidi seperti di desa-desa lainnta yang taraf perekonomiannya masih rendah. Penyaluran beras dilakukan melalui para ketua RT, masing-masing RT mendapat umumnya memperoleh pembagian RASKIN kurang lebih sebanyak 25 karung beras, tiap 1 karungnya seberat 25 kg. Bantuan ini cukup membantu warga yang masih kurang mampu tersebut.
Rasa tolong-menolong yang kuat di lingkungan Desa CIbanur sangatlah erat, tentunya hal ini dapat kita contoh dan terapkan di lingkungan tempat tinggal sehari-hari. Sehingga terjalin kekeluargaan antarsesama warga dalam suatu lingkungan masyarakat tertentu.


Berdasarkan sumber, penulisan contoh laporan hasil wawancara di atas sudah mengalami banyak perubahan di beberapa bagian, yaitu perbaikan penggunaan huruf kapital, kalimat-kalimat yang tidak efektif, serta kepaduan paragraf.

3 komentar: